HAKONE, JAPAN

Hakone
Hakone adalah salah satu resort onsen dan wisata yang jaraknya sangat dekat dengan Tokyo Jepang, dan bisa ditempuh dalam waktu 1jam saja. Letaknya juga dekat dengan gunung fuji. Hakone tidak hanya menawarkan pemadangan alam yang cantik, obyek wisata yang lainnyapun sangat menarik, akses transportasinyapun top class dengan panorama nomor satu. Itulah kenapa kami memilih Hakone menjadi salah satu destinasi liburan musim gugur 2016 di Jepang.
Transportasi di hakone bukanlah semata-mata untuk pergi ke satu obyek wisata. Akan tetapi  saling berkelanjutan antara obyek wisata satu ke obyek wisata lain, yang merupakan bagian dari petualangan seru kita di Hakone. Kita bisa naik kereta, cable car (train yang ditarik dengan kabel), Ropeway/gondola, cruise atau kapal penumpang, dan bus yang mengelilingi seluruh obyek wisata dihakone. Semua moda transportasi diatas bisa kita naiki gratis dan berulangkali asalkan beli hakone free pass.


Moda transportasi menuju hakone, antara lain:
·         Start dari Shinjuku menuju Hakone Yumoto Station dgn Odakyu railway Limited express (kurang lebih 1 jam 30 menit )
·         Sampai di Hakone Yumoto Station menuju Chokuko-no-mori Stasion menggunakan Hakone Tozan (Mountain) Railway (kurang lebih 35 menit)
·         Sampai di Chokuko-no-mori Station bisa mengunjungi Hakone Open-air Museum dengan jalan kaki (kurang lebih 10 menit)
·         Hakone Open-air Museum ke Gora station dengan jalan kaki ( 10 menit)
·         Gora Station ke Souzan Station menggunakan Cable car (10 Menit), pengalaman ketika sampai disini kabut masih tebal, hujan rintik-rintik sehingga kami memutuskan istirahat sambil menunggu sinar matahari muncul supaya bisa menikmati pemandangan alam yang cantik dari dalam Ropeway. Karena suhu dingin bikin sering-sering ke toilet, disinilah kita menemukan toilet jadul ala toilet Cina jaman dulu, lubang pembuangan yang rata dengan ubin, cuma sekat-sekat saja tidak terdapat pintu dan air. Buat cebok kita pakai tissue basah dan air putih botol yang kita bawa sendiri, tapi bau pesingnyaa kagak nahan. Kita berpikir mungkin itu merupakan stasiun kecil ditempat terpencil (Jepang versi desa hehehe). Didalam stasiun hanya ada satu penjual makanan dan minuman, cocoklah ya udara yang dingin menusuk dan angin yang sedingin es membuat kita tergiur untuk pesan teh panas dan nasi goreng karena ichi pengen sekali nasi goreng,. Setelah pesanan jadi baru menyuapi ichi beberapa suap, ayah ronggo tanya ini daging apa ya?. Baru dech saya tanya ke penjualnya dan ternyata Pork…Oh Noo….si penjual perempuan Tanya kenapa? Saya bilang kalau saya muslim tidak makan Pork. Dia langsung minta maaf, alhasil gak jadi dilanjutkan nasi gorengnya tapi ganti beli mie instan seafood kemasan seperti Pop Mie gitu tinggal kasih air panas. Sebetulnya kita membawa cemilan tapi karena udara dingin anak2 maunya makan yang panas-panas jadi beli deh. Ya buat pengalaman yang tak terlupakan.
Setelah kelar isi perut kita lanjut naik Ropeway meskipun kabut masih tebal. Nah kabut hilang dan cuaca cerah ketika sampai di Owakudani. Nyesek lagi ternyata toilet yang modern bersih berada di dekat tangga menuju Ropeway L

·         Souzan Station ke Owakudani Station gunakan Kereta Gantung (Ropeway, 10 min), di Owakudani ini kita bisa menikmati Telur Hitam enak, kawah owakudani dan toko souvenir.
·         Dari Owakudani Station naik kereta gantung lagi ke Togendai Station (Ropeway 25 Min) selama naik Ropeway pemandangan yang disuguhkan benar benar indah cantik, usahakan pas cuaca cerah tidak tertutup kabut.
·         Sampai Togendai Station ke Hakone Machi gunakan Cruise selama 40 min.
·         Sampai di Hakone Machi ke Hakone Checkpoint jalan kaki 5 min, atau menikmati danau ASHI yang jernih, tenang dan sepi. Bisa kembali ke Togendai Station naik Kapal/Cruise lagi atau bisa juga naik bus menikmati pemandangan alam yang berbeda.
·         Hakone Checkpoint -> Odawara Sta gunakan bus 45 min (kalau naik bus kembalinya)
·         Odawara sta -> Tokyo gunakan Shinkansen Kodama 40 min.
Semua transportasi diatas Free jika kita membeli Hakone Free Pass 2 days. Bener-bener puass gak rugi ke Hakone semua pemandangan dapat seperti gunung Fuji bisa dilihat dari sini, bukit-bukit, kawah, danau,  transportasi yang digunakanpun banyak sehingga mempunyai pengalaman dan kisah tersendiri bagi wisatawan seperti merasakan naik gunung menggunakan kereta atau kereta mundur jika didepan ada kereta yg lain, kereta gantung/ropeway yang dikeliling kaca sehingga bebas menikmati pemandangan dari berbagai sisi, kapal yang unik dan bus.
   Tempat wisata di hakone antara lain :
1.       Owakudani
Owakudani sendiri merupakan kaldera yang terbentuk akibat letusan Gunung Hakone sekitar 3.000 tahun lalu. Ketika naik Ropeway/kereta gantung akan berhenti di stasiun ini. Tinggal keluar dari stasiun akan disuguhi pemandangan bekas erupsi Gunung Hakone, terdapat belerang, sungai, kawah, Onsen dan ada patung Telur Hitam Gedhe. Disini penghasil Telur Hitam dimana yang hitam hanya cangkang telurnya saja didalamnya warnanya tetap putih tapi rasanya enak karena direbus di mata air panas. Mata air panas mengandung banyak mineral seperti sulfur, besi, dll sehingga memunculkan reaksi kimia yang mengubah cangkang telur menjadi hitam. Telur hitam dapat kita beli disini konon telur hitam tersebut kalau kita makan 1 butir bisa bikin umur kita bertambah panjang 7 tahun.



2.      Danau ASHI / Danau Ashinoko
Danau ini terbentuk dari hasil letusan Gunung Hakone sekitar 3000 tahun lalu. Dari danau ASHI inipun gunung Fuji juga tampak jelas, Danau Ashi dengan latar belakang Gunung Fuji menjadi symbol kota Hakone. Dengan naik HAKONE Sight Seeing Boat dan Izuhakone Sightseeing Boat yaitu kapal berbentuk bajak laut kuno mengelilingi danau dari Togendai sta menuju Hakonemachi sekitar 40 menit. Didalam kapal bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang cantik, air yang jernih, suasana yang tenang sepi dan udara bersih segar. Jika dirasa anginnya dingin dan kencang bisa duduk manis di dalam kapal.
Pada akhir oktober 2016 di Hakonemachi tepatnya sekitar danau Ashi sudah mulai kelihatan daun berwarna orange kekuningan yang menandakan musim gugur.  Biaya kapal free jika kita membeli Hakone Pass.





3.      Meseum Terbuka Hakone
Dimuseum ini bisa melihat lebih dari 700 benda-benda bersejarah dan karya seni jepang langsung di alam terbuka dengan rumput, pepohonan hijau, kolam air serta langit biru sebagai latar belakangnya. Museum ini bisa diakses dengan berjalan kaki sebentar dari Chukoku no mori station. Mulai buka pukul 09.00 – 17.00 dengan biaya masuk 1600 yen, jika mempunyai Hakone Pass dapat diskon.
4.      Pola Museum
5.      Hakone Museum of Art
6.      Hakone glass no mori
7.      Istana Hakone
8.      Gotemba Premium Outlet
Pusat perbelanjaan nih bagi yang doyan belanja.
9.      Taman Gora
Taman pertama bergaya perancis di jepang dengan desain difokuskan pada peletakan komponen taman secara simetris dan geometris. Taman gora jaraknya hanya 5 menit dengan berjalan kaki dari stasiun Gora.
Harga Hakone Free Pass

2 days pass
3 days pass
Shinjuku (termasuk Odakyu Limited Express dari dank e Shinjuku)
5,4140 yen/adult
5,640 yen/adult
Odawara station (Hakone free pass bs beli disini)
4,000 yen/adult
1,000 yen/child
4,500 yen/adult

Tiket lain yang digunakan selain Hakone Free Pass
-          JR Kodama , 3,940 Yen , Tokyo station ke Odawara Station, sekitar 40 menit
-          JR Tokaido line, (non shinkansen) JR Ueno Tokyo Line dari Ueno dan Tokyo station,sekitar 1,490 yen ke --> Odawara Station 1 jam 30 min, atau
JR Shonan Shinjuku Line , Sta Shinjuku ke --> Odawara Sta
Bila naik JR ini tercover JR Pass kalau punya JR Pass.
-          Hakone Pass bisa dibeli di Odawara stasion.
  NB :
-         Pastikan jika ke Hakone cek accuwheater.com/ japan weather terlebih dahulu. Jangan sampai jauh-jauh sampai dilokasi Ropeway tidak jalan karena cuaca tidak bersahabat.
-          Hakone bisa dikunjungi dalam waktu satu hari saja
-     Pastikan memakai baju hangat karena cuaca dingin
-     Jangan takut makan es cream disini, pengalaman anak saya ICHI ketika di hakone mimisan dia merasa saking dinginnya cuaca. Sama suami dikasih minum es cream yang banyak tersedia di mesin otomatis, Alhamdulillah ga mimisan lagi dan anaknya jadi segar. Es creamnya juga enak-enak lho.
-         Kalau ingin puas mengeksplore Hakone disarankan menginap. Nuansa kota hakone sepi dan tenang sekali 
             ketika cuaca cerah dari owakudani
                                                           ketika berkabut
                                     di dalam ropeway posisi turun
 Ropeway turun menuju Togendai station dimana kapalnya sudah menanti untuk mengelilingi danau Ashi menuju Hakonemachi. Dari atas kelihatan danau Ashi, kapal, dan bus
   Gunung Fuji kelihatan dari dalam Ropeway
 Gora Station
 Danau Ashi dari ropeway

Komentar

  1. Arigatou gozaimashita Yeni-san sudah berbagi pengalaman di Jepang khususnya selama di Hakone👍🎎

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTEL LEGOLAND MALAYSIA

Famtrip menyusuri nusantara tahun 2017 (Padang, Semarang, Malang, Surabaya, Madura, Garut, Lembang, Bandung)

PENGAJUAN VISA JEPANG DI VFSGLOBAL