Europetrip 2018 (perancis & Swiss (Geneva, Bern, Basel, Luzern, Interlaken, Mt Schilthorn, Mt Rigi))

Alhamdulillah my dream come true...EROPAA....
Sekedar berbagi informasi liburan kami kemarin 23 maret – 1 april 2018 dengan 2 dewasa 2 anak (usia hampir 6th dan 8th)
Rincian biaya :
1. Berawal dari 1 Juni 2017 hunting tiket traveloka paket tiket+hotel start KL-Paris PP plus Explorer Disneyland hotel paris 4 hari 3 malam total 4 orang hanya Rp. 30.999.900 (Saudi Arabia Airlines transit 4 jam dijeddah)
2. kemudian tinggal mencari tiket Jkt – KL PP, pilihan kami jatuh pada paket tiket dan hotel via traveloka lagi. Menginap di hotel peninsula 1 malam dengan maskapai Malaysia Airlines habisnya Rp. 6.300.000
3. Asuransi Alliance Basic Schengen Family Rp. 321.000
4. Visa urus sendiri dengan biaya 2 dewasa @ Rp. 943.400
                                     - Anak usia 6-12 th Rp. 550.300
                                     - Anak dibawah 6th GRATIS
                                     - Biaya Administrasi @ 380.000 x 3 org

     Cara pengurusan Visa Schengen bias cek di VISA SCHENGEN
5. Tiket kereta dari Paris menuju Geneva Swiss menggunakan TGV Paris (Gardelyon – Geneva). Tiket langsung dicetak diindonesia via web happyrailpass 4 orang Rp. 2.661.000
6. Tiket flixbus Bus via web www.flixbus.com tiket langsung dicetak sendiri dari Mulhouse ke Bandara CDG 4 orang x 27 euro : 108 euro (kurleb 1.850 jt) biaya admin 2.49 euro (Tiket dari Mulhouse perancis menuju bandara)
7. Tiket Disneyland Paris 2 theme park, beli online www.disneylandparis.com yang magicpass harga 246 euro ( dewasa 64 anak 59) / kurleb 4,3jt
8. Swisspass family 3 hari 225 chf/orang x 2 dewasa ; 450 chf (kuleb 6,6 jt), anak-anak gratis
9. Paris visite pass 2 hari zona 1-5, 126.6 euro (kuleb 2,2jt) dengan rincian
          - Dewasa 2 hari zona 1-5 sebesar 42.20 euro / org
          - Anak-anak 2 hari zona 1-5 sebesar 21.10 euro / org
10. Tiket eceran dari Disneyland ke Gardelyon paris 22.8 euro (kurleb 397rb)
11. Tiket eceran beli di Basel, ketika dari Basel – Mulhouse 4 org total 30 chf (kuleb 440rb)
12. Apartemen di Luzern 120 chf/malam di HITrental Allmend Comfort kurleb 2 malam 3.5jt
13. Titip koper di loker st. Luzern 9 chf (130rban)
14. Taksi bandara – hotel Malaysia PP 180 RM
15. Kartu selama dieropa beli JAVASIM di toped 390rban ternyata di swiss tidak bisa dipakai.
16. Www.Rome2rio.com dan google map sangat membantu kami.
17. Total makan, cemilan dan belanja coklat di paris, swiss dan Malaysia Rp. 5.720.000
TOTAL semuanya kurang lebih 80jt (2 dewasa 2 anak)


ULASAN PERJALANAN KAMI :


1. Tiba di Paris pagi hari langsung membeli tiket paris visite untuk 2 hari, karena hotel tempat kami menginap di Explorer Disneyland Hotel masuk kategori zona 5 maka kami membeli tiket zona 1 – 5 untuk 2 hari dimana kami bakal bolak balik paris - Disney (Arc de triomphe, Eiffel, Louvre, Ke torcy, Val d’europe, masjid diparis). Jalur kereta di paris mudah sekali.


2. Hari ke tiga dan empat maksimalin main di Disneyland, beli tiket magic pass, kereen banget di Disney Studios dimana didalamnya berisi proses pembuatan film animasi Disney, film Armagedon, proses pembuatan film-flm Hollywood yang lain. Rugi dech kalau ga beli tiket Disney Studios karena di Disneyland jepang maupun hongkong tidak ada park ini. Kami lihat semua hotel diseputaran Disneyland rame terus selama kami disana selama 4 hari karena memang Disneyland Paris luas sekali, dan memang sangat disarankan menginap disana karena kalau capek bisa bolak balik hotel. Untuk tiket beli online dan dicetak langsung di Indonesia, selama disana keluar masuk bebas tinggal scan tiket.
Untuk Disney studios tutupnya lebih awal, tapi Disneyland tutup malam sampai kembang api dinyalakan.


3. Menuju Geneva swiss, dari stasiun Disney ke stasiun Gardelyon terlebih dahulu, kemudian ke jalur kereta TGV menuju Geneva kurang lebih waktu tempuh 3,5 jam. Setelah hunting beberapa tiket pass di swiss, pilihan yang menurut kami hemat adalah membeli swisspass family karena Cuma orang tua saja yang bayar untuk anak-anak free.
Adapun cakupan swisspass antara lain semua trasportasi diseluruh wilayah swiss gratis (bus,kereta,tram, cable car, kapal, ke gunung rigi, gunung Pilatus, gunung schilthorn, beberapa museum)


4. Kota yang kami kunjungi selama di swiss adalah Geneva (danau dan kotanya), Bern (rumah ilmuwan fisika Albert Einstein, Jam kuno bern, sungai aare, katedral), Basel, Luzern ( Kapel bridge, danau Luzern, museum seni, museum transportasi)


5. Naik ke gunung schilthorn start dari Luzern – Interlaken – Lauterbrunnen ( naik cable car)- grutschalp (main salju dulu) lanjut naik kereta ke –murren ( menyusuri jalan menikmati pemandangan yang menakjubkan sambal main salju kemudian lanjut lagi naik cable car) – Bird – schilthorn. Di schilthorn terdapat restaurant yang berputar bernama Piz Gloria tempat syuting film james bond.
Baliknya kami lewat jalur berbeda supaya bisa melihat pemandangan yang lain lagi.
Bird (Cable car) – Gimmelwald (Cablecar) – Stechelberg (naik bus menuju Interlaken).
Menurut saya disini bukan destinasi favorit turis Indonesia jadi tidak ketemu orang Indonesia disini. Selama perjalanan Indah sekali pemandangannya tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Semua gratis dengan swisspass. Main salju sepuasnya dan sepi.


6. Naik ke gunung rigi start dari Luzern – naik kapal di danau Luzern yang berlokasi di seberang stasiun Luzern. Lagi-lagi ketemu pemandangan yang menakjubkan, kami turun di VITZNAU. Lanjut naik kereta uap kuno yang sengaja masih dipergunakan, keretanya full kaca menuju gunung Rigi. Sesampai di Gunung Rigi disuguhi salju yang tebal sekali, kembali anak-anak main salju. Pulangnya kami naik kereta dengan jalur yang berbeda yaitu dari stasiun rigi kulm menuju stasiun arth-rigi-bahn kemudian lanjut pindah kereta menuju Luzern kembali. Pemandangan kanan kiri depan dari dalam kereta Indah sekali dan lagi-lagi tidak banyak wisatawan.


7. Mau ke gunung Pilatus apa daya waktunya tidak cukup. Akhirnya ke kappel bridge Luzern, ke museum transportasi dan museum seni di Luzern.


8. Untuk makan malam di hotel/apartemen masak nasi dan bawa lauk sendiri, beberapa kali beli juga di supermarket Coop, Migros dan carrefure. Sarapan pagi di paris dapat breakfast dari hotel, makan siang yang pernah kami beli burgerking, kebab,burger, cemilan kentang nugget coklat, makan di gunung bird (kurleb habisnya 500rb) sambil menikmati pemandangan.

NB :
- Berkat youtube "cara packing dikoper" kami berhasil packing baju untuk 4 orang plus kostum2 untuk di disneyland 1 koper ukuran sedang dan 2 tas ransel sajah.
- Merk majicjar Electric Lunch Box beli di olshop 190rban.
- apartemen diluzern luas, view pegunungan alpen, peralatan dapur lengkap
- explorer disneyland hotel kereen banget banyak permainan didlm hotel, waterboom jg ada, kamar nuansa anak2
Sekian ulasannya semoga bermanfaat, jangan lewatkan ke swiss yang sangaat sangat Indah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTEL LEGOLAND MALAYSIA

Famtrip menyusuri nusantara tahun 2017 (Padang, Semarang, Malang, Surabaya, Madura, Garut, Lembang, Bandung)

PENGAJUAN VISA JEPANG DI VFSGLOBAL