TIPS MEMBIASAKAN ANAK PEREMPUAN PAKAI KERUDUNG

Sekedar berbagi pengalaman pribadi, kebetulan anak pertama saya cewek usianya 8th besok November 2017. Sejak usia 1,5th sudah bersekolah di montessory school dimana temannya beragam agama, pakaian seragamnyapun pendek. 
Mulai masuk SD saya pilih SDIT supaya dasar agamanya kuat, seragam sekolahnya otomatis busana muslim, disekolah sudah diberi pengertian soal aurat perempuan dan laki-laki, mulai usia 5,8 th sudah mulai menjalankan puasa ramadhan dan sholat 5 waktu. Alhamdulillah anaknya paham meskipun sejak kecil tidak bersekolah disekolah islam, dan untuk membiasakan keluar rumah pakai kerudung/hijab/menurut aurat sesuai dengan ajaran Agama saya, beberapa tips dari saya antara lain sbb:
1. Belikan pakaian yang simpel, dan bahannya adem, seperti dress dari batik, supaya anak gampang pakainya jika dia terburu-buru keluar rumah 
2. Belikan kerudung dengan model lucu-lucu, gampang pakai dan bahannya yang adem, saya biasa beli di Rabbani Rawamangun. Modelnya lucu-lucu bahannya nyaman dan colourfull sesuai banget dengan jiwa anak-anak. Yang penting anaknya sukaa dulu toh dengan berjalannya waktu bertambah dewasa juga ga bakal beli model anak-anak lagi.
3. Letakkan salah satu kerudung di tempat yang mudah dijangkau, misalkan kursi jadi ketika temannya memanggil dari luar mengajak main, dia bisa langsung nyambar kerudung.
4. Sebagai orangtua selalu memberi nasihat, Alhamdulillah meskipun teman bermain dirumah beragama lain tapi kakak Ichi (anak pertama saya) tetap istikhomah berhijab, meskipun cuaca panas sekali seperti pengalaman kita di Santosa Island Singapore, bener2 panas sekali tetapi tetap tidak minta lepas hijab.
5. Membiasakan anak bergaul dengan siapa saja, agama apa saja dan jangan pernah mengomentari apa yang orang lain pakai. Karena kita hidup dinegara yg beragam etnis, agama dan kebudayaan. Biarkan anak menghormati perbedaan tapi tetap bisa menjaga akhidah.
Semoga tetap istikhomah jadi anak sholehah sampai ajal menjemput ya nak ....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTEL LEGOLAND MALAYSIA

Famtrip menyusuri nusantara tahun 2017 (Padang, Semarang, Malang, Surabaya, Madura, Garut, Lembang, Bandung)

PENGAJUAN VISA JEPANG DI VFSGLOBAL