Famtrip menyusuri nusantara tahun 2017 (Padang, Semarang, Malang, Surabaya, Madura, Garut, Lembang, Bandung)

Alhamdulillah mengawali tahun 2018 dengan semangat dan rencana-rencana yang baru. Sesuai cita-cita kami ketika anak-anak sudah usia diatas 4th, kami membuat perencanaan liburan ke Luar Negeri dan Dalam Negeri.  Tujuan liburan kami tergantung dari promo tiket untuk destinasi LN, kalau dalam negeri kami lebih fleksibel bisa jalur darat bisa juga jalur udara.
Pengalaman lokasi yang kami kunjungi  saja ditahun 2017 untuk destinasi Dalam Negeri :
1.      Bukit Tinggi, Padang, Sumatera Barat
Akomodasi :
a.       Sewa mobil+sopir dari bandara – hotel bukittinggi sebesar Rp.  300.000 (mobil serena) waktu tempuh + 2 jam
b.      Hotel  Grand Galery Hotel rate murah, boking di traveloka. lokasi strategis dekat dengan jam gadang & Plaza
c.       Sewa mobil lepas kunci Rp. 250.000/ Hari
d.      Tiket masuk :
-          Kebun binatang Rp. 15.000 (dewaasa) anak2 Rp.  10.000
-          Panorama Sianok Rp. 25.000
-          Sewa Baju Adat Rp. 15.000
-          Sumbangan sukarela rumahkelahiran bung hatta

Kuliner yang terkenal:
Rumah Makan Padang Lamun Ombak
Nasi goreng padang titip petugas hotel enak banyak murah Cuma 10rb
Kami tidak banyak wisata kuliner disini karena dijamu teman yang berasal dari bukittinggi.

Destinasi wisata :
a.       Jam Gadang : LOkasi di Taman Sabai Nan Aluil tepat didepan Istana Bung Hatta
b.      Pasar atas : satu lokasi dengan jam gadang
c.       Plaza bukittinggi : satu lokasi dengan jam gadang
d.      Rumah Kelahiran Bung Hatta
Lahan bekas rumah kelahiran Bung Hatta seluas kurang lebih 1.000 m² dibebaskan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Diperkirakan luas tanah itu baru sebagian dari lahan yang dahulu dimiliki keluarga almarhum Bapak Bung Hatta. Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara yang mengelola Universitas Bunga Hatta dan merenovasi rumah kelahiran Bung Hatta pada bulan September 1994. Perencanaan dan Pelaksanaan renovasi dipimpin oleh Rektor Universitas Bung Hatta. Museum ini dikelola oleh Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Bukittinggi yang bernilai sejarah yang tinggi.
e.       Panorama Sianok
-          Menara Pandang
-          Lobang Jepang : Lobang Jepang Terletak di kota Bukittinggi, bunker ini merupakan peninggalan zaman jepan yang dahulu dibangun oleh orang Indonesia melalui kerja paksa di bawah tekanan tentara Jepang pada saat itu yang berhasil menduduki Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945. Lobang jepang ini memiliki panjang kurang lebih 1.470 meter dan berjarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Terdapat 21 terowongan di dalam lobang jepang, yang dulunya digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur,ruang penyiksaan, ruang mata-mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang.
-          Ngarai Sianok : Ngarai sianok ini membentang sejauh kurang lebih 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman lembah mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.
Ngarai Sianok merupakan suatu wujud visual yang paling jelas dari aktivitas pergerakan lempeng bumi “tektonik” di Pulau Sumatera ini. Proses terbentuk patahan tersebut menghasilkan sebuah kawasan yang subur dengan panorama yang indah.
f.       Lembah Harau, Payakumbuh
Lembah Harau merupkan sebuah lembah dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau diapit oleh dua bukit yang terjal dan indah dengan ketinggian tebing mencapai hingga 150 meter. Lembah Harau, dilingkungi oleh batu pasir yang terjal berwarna-warni ke orengean, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter. Lembah harau terletak di ketinggian dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, Berjalan menuju Lembah Harau sangat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, bersih dan Anda bisa melihat keindahan alam sekitarnya yang memiliki pemandangan yang ciamik dan menakjubkan.

g.      Kelok 9 payakumbuh
Kelok 9 atau Kelok Sembilan merupakan sebuah ruas jalan penghubung provinsi Riau dengan Sumatera barat yang berkelok terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Jalan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jalan kelok 9 ini memiliki tikungan yang cukup tajam dengan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Namun kali ini dengan pembangunan yang di lakukan, Kelok 9 menjadi lebih cantik, indah dan banyak menarik perhatian pengguna jalan yang melewatinya.

h.      Kebun binatang dan Budaya Kinanta
Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan sebuah taman rekreasi keluarga dan objek wisata budaya di Kota Bukittinggi yang wajib dikunjungi, dengan berjalan kaki cukup menyeberangi Jembatan Limpapeh, sesaat setelah selesai melihat Benteng Fort de Kock. Anda Memasuki area Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, akan segera terlihat sebuah kandang Gajah, serta Rumah Adat Baanjuang yang digunakan sebagai museum. Disini terdapat persewaan baju adat padang beserta perias dan tukang photo dengan biaya murah.
i.        Jembatan Limpapeh : jembatan yang menghubungkan kebun binatang dan benteng fort ed kock. Dari jembatan ini kita bisa menikmati pemandangan kota Bukittinggi yag dikelilingi perbukitan dan gunung merapi.
j.        Benteng Fort de Kock : Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer th 1825, digunakan oleh Belanda sebagai tempat pertahanan dari serangan rakyat Minangkabau terutama sejak perang Paderi tahun 1821-1837
k.      Air terjun lembah anai : air terjun yang berlokasi di pinggir jalan utama Padang menuju Bukittinggi.
l.        Rumah puisi Taufik Ismail yang terkenal dengan puisinya berjudul “Sajadah Panjang”
m.    Istana Bung Hatta
Istana Bung Hatta berada tepat di seberang Jam Gadang Bukittinggi, dengan halaman luas hijau asri dan sejuk yang dihiasi olej pohon palm dan cemara. Di sekeliling Istana Bung Hatta dipagari tembok rendah, dengan pintu gerbang yang terbuka . Namun ketika melangkah masuk, seorang penjaga bergegas mendekat, dan tidak memperbolehkan masuk lebih jauh lagi mendekati bangunan.

2.      Kota Solo tujuan wajib kami karena Orang Tua dan saudara tinggal di Solo
Kuliner :
a.       Bebek goreng & Ayam goreng Bawah Jembatan Pasar Gedhe ( buka jam 5 sore sampai malam)
b.      Sop matahari, sop galantine, selat segar Tenda Biru dekat SMA Murni dan di kampong sewu
c.       Aneka wedangan
d.      Nasi liwet, bubur sambel goreng, cabuk rambak kalau pagi di kampong sewu kalau malam di perempatan semanggi
e.       Tengkleng Bu Edi pasar klewer buka jam 12 – 15.00
f.       Soto ayam dan soto daging Gading
g.      Srabi Notosuman solo yang terkenal, tapi srabi disepanjang jalan slamet riyadi kalau malam hari juga enak da murah kok
h.      Tahu kupat masjid sholihin deket monument pers
i.        Bubur ceker margoyudan depan SMAN 1 solo buka jam 00 sampai subuh
Obyek wisata
a.       Satwa taru jurug
b.      Pasar klewer
c.       Museum keris
d.      Keraton mangkunegara dan kraton kasunanan
e.       Belajar membatik di Batik Gunawan Laweyan hanya dengan membayar 25.000 anak-anak bisa praktek membuat batik dan membawa hasilnya pulang
f.       Taman Balekambang
g.      Area dingin bisa ke Tawangmangu, sarangan, candi sukuh dll
3.      Malang
Akomodasi :
a.       Membawa mobil sendiri
b.      Hotel syariah
Kuliner :
Tempat Wisata :
a.       Bagong Adventure Museum Tubuh satu lokasi dengan  Jatim Park 1
b.      Museum Angkut
4.      Surabaya
Akomodasi :
a.       Membawa mobil sendiri
b.      Hotel swiss bellin
Tempat wisata yang Gratis :
Taman bungkul
Jembatan kenjeran dengan parade air macur dimalam minggu
5.      Madura
Melewati jembatan suramadu dimana jembatan tersebut menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan tersebut melintasi laut. Di Madura kebetulan kami hanya ingin mencoba melintasi jembatan suramadu dan merasakan kuliner Bebek Sinjay yang terkenal enak.
6.      Semarang
Lawang Sewu bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).
Bangunan kuno dan megah berlantai dua ini setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT Kereta Api Indonesia. Pada masa perjuangan gedung ini memiliki catatan sejarah tersendiri yaitu ketika berlangsung peristiwa Pertempuran lima hari di Semarang (14 Oktober - 19 Oktober 1945). Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.
Saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.(sumber Wikipedia)

7.      Magelang
Akomodasi :
a.       Membawa mobil sendiri
b.      Hotel wahid Borobudur : lokasi dekat denga candi Borobudur tinggal jalan kaki saja menuju candi. Dengan desain rumah joglo da lokasi diperkampungan penduduk membuat pengunjung hotel merasakan nuansa jawa kuno. Booking via traveloka
Tempat wisata
a.       Candi Borobudur
b.      Bukit pardede : melihat sunrise

8.      Garut
a.       Kebun mawar situhappa : penginapan dengan unit sedikit akan tetapi didepannya terhampar kebun bunga yang luas dan cantik. Cocok bagi yang suka foto.
9.      Bogor
a.       Sahid eminence puncak : hotel yang tergolong baru dengan fasilitas yang  menarik ada sawah, area outbond, ada hewan rusa, sungai kecil nan bersih. Puas rekreasi disini.
10.  Lembang
a.       Dago dream park
b.      Camping di cikole
c.       Sari ater : pemandian air panas
11.  Bandung
a.       Braga dan kawasan Asia Afrika

b.      Gedung sate
c.       Museum geologi
d.      Teras ciampelas

Komentar

  1. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 7 Februari 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOTEL LEGOLAND MALAYSIA

PENGAJUAN VISA JEPANG DI VFSGLOBAL